Páginas

Adu Kinerja Android QWERTY, Samsung Galaxy Pro VS Motorola Charm

Sabtu, 23 Juli 2011

Secara fisik keduanya mengadopsi konsep sejenis, yakni dengan menyediakan 2 panel akses. Tujuannya agar mempermudah akses pengetikan secara mobile. Lantas apa yang membuat 2 pabrikan raksasa beda benua ini tampil beda dari produk layar sentuh lain?

DESAIN
Galaxy Pro    : material plastik glossy, kontur keypad lebar, 108.6 x 66.7 x 10.7 mm, 103.4 gram

Charm         : material plastik finishing karet kesat, kontur keypad rapat, 98.4 x 67.2 x 11.4 mm, 110 g

Baik Galaxy Pro maupun Charm sama-sama menginginkan penggunanya mudah dalam  melakukan akses baik pengetikan atau input layar sentuh. Oleh karenanya panel layar sentuh dan full keypad qwerty mendominasi jajaran muka para ponsel ini.
Samsung membekali Galaxy Pro dengan dominasi material plastik, sedangkan Motorola mengguyur sekujur body Charm dengan karet kesat. Ketika dibandingkan dengan mengenggam keduanya, Charm terasa lebih kesat dan pas dalam telapak tangan.

PANEL AKSES
Galaxy Pro    : layar sentuh, full keypad, 4 bar panel navigasi

Charm        : layar sentuh gorilla glass, full keypad, touch button, backtrack

Inilah yang membedakan keduanya walau tampil dalam konsep serupa. Nampaknya Charm lebih melakukan inovasi dibanding Galaxy Pro. Hal tersebut terbukti dengan hadirnya touch button dan backtrack sebagai akses navigasi handal. Lain dari itu layar sentuhnya terproteksi apik berkat kehadiran gorilla glass sebagai pelindung panel sensitif tersebut dari sentuhan benda padat lain. Sedangkan Galaxy pro tak tampil istimewa di jajaran akses.

LAYAR& MENU

Galaxy Pro    : TFT kapasitif, 2,8 inci, 256 ribu warna, Adobe Flash 10.1

Charm    : TFT kapasitif, 2,8 inci, 256 ribu warna, multi-touch, MOTOBLUR UI dengan Live Widgets

Walau terkesan sederhana, keduanya memiliki sensitifitas baik saat disentuh panel layarnya. Ketika menjelajah browser, Anda akan menemukan perbedaan diantara keduanya, terutama saat ingin memperbesar atau mengecilkan visual objek. Charm memiliki kenyamanan yakni dengan bekal multi-touch. Sedangkan Galaxy Pro hanya menyediakan panel (+/-) sebagai zooming objek. Namun begitu dukungan adobe flash cukup memberikan nilai tersendiri.

OS & PROSESSOR
Galaxy Pro    : Android Froyo (v2.2), CPU prosessor 800 Mhz

Charm        : Android Eclair (v2.1), CPU Prosessor 600 Mhz

Konsistensi Samsung dalam mengemas OS froyo berimbas pada setiap produk kelas menengahnya. Dan Galaxy Pro pun kebagian jatahnya. Selain memiliki kinerja lebih baik dari versi sebelumnya, Galaxy Pro dibekali prosesor yang lebih tinggi dari Charm tentunya. Sebaliknya, hadir dalam kemasan dan inovasi yang oke, Motorola merasa cukup menanamkan OS eclair sebagai penyokong kinerja Charm.
     
KAMERA
Galaxy Pro    : 3,15 megapiksel, autofokus, smile shutter

Charm        : 3,15 megapiksel, geo-tagging

Walau sama besar dalam mengemas kekuatan piksel kamera, namun Galaxy Pro lebih dengan beberapa fitur unggulan, artinya saat keduanya berbarengan mengambil objek yang serupa, pastinya hasil yang disajikan Galaxy Pro lebih baik dan lebih kontras.
     
Hasil Foto
Galaxy Pro :

Motorola Charm :


VIDEO
Galaxy Pro    : @30fps QVGA (320 x 240)


Charm        : @24fps CIF (352 × 288)

Urusan mengabadikan momentum gerak, keduanya pun semirip karena sama sama mengusung kelas dibawah megapiksel. Hanya saja framerate yang ditampilkan Galaxy Pro lebih sempurna karena menyentuh 30 frame per detik.
Saat mengambil objek dengan momentum sama, keduanya memang tak maksimal dalam mengemas objek, namun disisi ini nampaknya Charm harus angkat topi pada Galaxy Pro.

Sumber : Tabloid Pulsa

0 komentar:

Posting Komentar

 
Info Handphone Terbaru | by TNB ©2010